Usaha Kecil Bisa Sukses dengan Financial Planning

Usaha Kecil Bisa Sukses dengan Financial Planning

Usaha kecil ialah usaha dengan modal minim yang perlu dimiliki jika bermimpi punya usaha besar namun memiliki semangat mengembangkan bisnis dari nol. Sebab tanpa ada usaha yang kecil maka usaha besar pun tak akan terbentuk. Saat ini para sarjana banyak menganggur di Indonesia, padahal coba mulai usaha meskipun tidak besar, setidaknya ada pendapatan yang didapat.

Keuntungan Membuka Usaha Kecil Kecilan

Keuntungan Membuka Usaha Kecil Kecilan

Membuka usaha minim modal tentu memiliki kelebihan yang diketahui oleh pebisnis pemula. Jika bisnis yang sedang dijalankan tidak berhasil, maka kerugian pun tidak terlalu besar. Namun, bisnis kecil banyak  yang tidak berminat sebab menurut mereka tidak banyak keuntungan yang akan didapatkan.

Penghasilan Bertambah

Keuntungan pertama dari membuka usaha baik itu bisnis kecil ataupun bisnis besar ialah menambah penghasillan.  Ini memang menjadi tujuan utama seseorang membuka usaha. Umumnya penghasilan bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Modalnya Kecil

Keuntungan kedua yang diperoleh ialah bisa berbisnis meskipun tidak memiliki banyak modal. Bahkan modal ini sendiri bisa saja diperoleh dari penyisian uang saku ataupun uang belanja. Jadi, untuk memulai bisnis usaha kecil ini tak perlu meminjam uang di bank, apalagi jika ada bunga bank sebaiknya sangat dihindari.

Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari remaja, dewasa hingga orang tua. Produk yang dijual pun dengan harga terjangkau sebab modal yang digunakan tidak banyak, sehingga mampu menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Tahan Banting

Bisnis kecil tahan banting ketika mengalami krisis moneter, sebab pengelolaan bisnis dijalankan  dengan baik, efisien dan sangat efektif.  Sehingga bisnis kecil bisa bertahan dan terus berkembang meski banyak masalah yang menghadang.

3 Poin Penting Memulai Usaha Kecil

3 Poin Penting Memulai Usaha Kecil

Terkadang bisnis yang dijalankan tak seperti yang diinginkan, ada untung dan  ada rugi. Hal ini memang sesuatu yang wajar dalam bisnis. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa diikuti.

Minat dan Niat

Pertama minat, sebab jika tak ada maka semua kegiatan atau bisnis yang dijalankan tak semangat, sehingga berpengaruh pada perkembangan bisnis ini. Ketika menjalankan usaha tersebut, jangan hanya fokus pada keuntungannya, bisnis pun bisa mengalami kerugian. Jadi mulai dengan niat yang bagus diikuti minat bisnis pada bidang apa.

Kelola dengan Baik

Bisnis perlu dikelola dengan baik agar bisa terus berkembang hingga menjadi suatu usaha yang sukses. Mulai dari uang masuk, uang yang dikeluarkan, kebutuan apa saja yang diperlukan hingga hal-hal lainnya.

Jika manajemen dan pengelolaan baik maka semua uang masuk dan yang keluar diketahui secara jelas dan pasti. Hal ini memudahkan untuk mengetahui berapa keuntungan yang didapatkan.

Memilih Jenis Usaha

Memilih usaha apa yang diinginkan ke depannya dilakukan dengan cara menganalisa usaha yang paling berpotensi dan sesuai dengan minat pengusaha. Jangan hanya meniru pengusaha lain namun tak ada minat didalamnya, maka usaha ini tidak akan  berhasil akhirnya.

Sering Mempromosikan Produk Usaha Kecil

Jika ingin bisnis berhasil, produk banyak dibeli konsumen maka caranya jangan malas promosi. Sebab jika tidak ada produk ang dipromosi maka calon konsumen tidak tahu tentang produk yang ditawarkan.

Sering Mempromosikan Produk Usaha Kecil

Banyak pelaku bisnis kecil tidak banyak pelanggan sebab tak melakukan promosi sehingga orang-orang tidak tahu bahwa orang tersebut sedang membuka usahanya.  Faktor lain karena masyarakat tidak  tahu dimana lokasi usaha tersebut.

Promosi Offline

Promosi sangat penting dilakukan, tidak harus promosi secara online. Tetapi mulai saja dari mulut ke mulut, kemudian baru kembangkan promosi online. Promosi offline umumnya terjadinya di pedesaan atau kota terpencil.

Promosi Online

Alasan bagusnya promosi secara online khususnya melalui media sosial sebab saat ini banyak yang menggunakan media sosial. Jadi, pangsa pasar lebih luas dibandingkan hanya promosi secara offline dari mulut ke mulut.

Untuk usaha kecil menguntungkan  ditambah  dengan konsumen yang banyak, maka lakukan langkah promosi secara offline dan online. Tidak hanya fokus pada offline saja namun juga pada promosi online. Produk yang dijual akan tersebar dengan cepat kepada banyak orang. Sehingga peluang untuk mendapatkan konsumen pun lebih besar.

Pentingnya Menjaga Kualitas dan Pelayanan yang Bagus

Kualitas sangat penting diperhatikan baik itu pada bisnis kecil ataupun bisnis besar. sebab meskipun harga terjangkau jika kualitasnya tidak bagus, maka tidak banyak konsumen. apalagi jika target konsumen kalangan atas yang sangat mementingkan kualitas.

Pentingnya Menjaga Kualitas dan Pelayanan yang Bagus

Sebaiknya jual produk dengan kualitas yang bagus dan harga yang sesuai. Selain itu, pelayanan juga penting dalam hal ini. Jika konsumen tak dilayani dengan bagus, maka usaha yang dibangun tidak disukai oleh konsumen. Jadi,  seimbangkan antara harga, kualitas dan pelayanan.

Tetapi rotasi bisnis memang tak bisa diprediksi, bisa saja terjadi suatu kondisi yang membuat laju perekonomian melambat. Jika hal ini terjadi tentu menjadi kendala bagi pemula, sebab meskipun tak banyak untung setiap harinya namun tetap saja harus melakukan produksi setiap hari.

Jenis Usaha Kecil yang Bisa Dijalankan

Nah, setelah membaca beberapa poin di atas, saata membahas jenis bisnis kecil yang bisa dijalankan. Jika modal sudah ada dengan niat dan minat yang kuat, maka silakan mulai membuka usaha.

Usaha Kecil  Bisnis Pulsa

Bisnis pulsa merupakan jenis usaha yang mudah dan juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi di kota-kota besar sangat dibutuhkan pulsa dan kartu paket sehingga menjadi bisnis yang menguntungkan jika dijalankan.

Usaha Kecil Print dan Fotokopi

Ini juga peluang bagus terutama di kota besar, di lokasi dekat universitas, dekat sekolah dan perkantoran. Banyak data yang perlu di fotokopi dan diprint bahkan hampir setiap harinya fotokopi tak pernah kosong pelanggan.

Usaha Kecil Print dan Fotokopi

Jasa fotokopi sangat dibutuhkan dan menjadi masalah besar jika ada fotokopi yang biasanya buka, kemudian ketika hari itu tidak buka. Mahasiswa akan kerepotan mencari fotokopi yang lain.

Usaha Kecil dengan Membuka Catering

Ini juga usaha kecil  rumahan yang bisa dilakukan di rumah, saat ini kebutuhan catering bisa dibilang sangat tinggi terutama di perkotaan. Ketika ada seminar, sidang skripsi dan yang lainnya dibutuhkan nasi catering sebagai bahan konsumsinya.

Usaha Kecil Jual Aksesoris

Bisnis kecil ini juga cukup menguntungkan apalagi semakin hari semakin banyak model aksesoris wanita yang diproduksi. Bisnis ini bisa dijalankan dengan menjadi reseller atau membuka toko sendiri.

Menjadi reseller sebenarnya lebih mudah dan bisa dilakukan oleh mahasiswa, sebab waktu bekerja fleksibel. Tidak ahli dalam membuat aksesoris namun mendapat penghasilan dengan menjualnya sebagai reseller.

Sekian penjelasan tentang usaha kecil mulai dari tips, dan keuntungan. Mulailah dengan niat dan minat, jangan karena terpengaruh orang lain. Rajin promosi dan kelola usaha dengan baik. semoga bermanfaat.